Waktu Memulai Jadwal Mpasi 6 Bulan

Bayi yang berumur 6 bulan sudah dianggap bisa mengkonsumsi makanan pendamping asi atau MPASI, karena pada umur 6 bulan bayi sudah bisa mengorganisir refleksnya dibanding awal-awal kelahirannya. Saat inilah waktu yang tepat untuk memulai mengenalkan mpasi 6 bulan kepada anak anda.

Pada usia 6 bulan bayi biasanya sudah mampu menyangga kepala mereka dengan baik, duduk dengan tegak dan juga memiliki reflek menggerakkan lidahnya untuk mencegah benda asing masuk kedalam mulutnya. Pada moment ini bayi sudah bisa menutup mulutnya apabila disodori sendok dan mulai bisa menggerakkan makanan dari depan ke belakang mulut dengan lidahnya.

Bayi yang sudah berumur 6 bulan biasanya juga sudah memiliki saluran pencernaan yang kuat, sehingga mampu menerima makanan yang memiliki tekstur lebih kasar ketimbang asi. Anda bisa memberi anak anda dengan mpasi dengan sabar, perlahan dan bertahap ketika ia kembali menunjukkan ketertarikannya pada makanan yang sedang anda pegang. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam pemberian mpasi pada anak anda yang berumur 6 bulan.

  • Apabila anak anda tidak terlihat tertarik dengan makanan yang anda berikan, cobalah menunggunya hingga dia terlihat tertarik dengan makanan itu. Jangan terlalu memaksanya bila anak belum mau, karena mpasi sendiri belum menjadi sumber makanan utama bagi bayi anda.
  • Setelah bayi anda sudah mau memakan mpasi, berilah rentang waktu 3 hari sebelum anda mengenalkan mpasi baru kepadanya. Tujuannya adalah untuk meilhat apakah ada alergi yang ditimbulkan dari pemberian mpasi ini, anda bisa mencatat makanan apa saja yang sudah anda berikan guna untuk mengetahui alergi apa yang ditimbulkan dari makanan tersebut.
  • Hindari pemberian garam dan gula ketika membuat mpasi
  • Jangan menyimpan makanan lebih dari dua hari didalam kulkas

Seiring bertambahnya usia bayi, maka bayi akan membutuhkan lebih banyak nutrisi yang berasal dari berbagai jenis bahan makanan. Dengan pemberian mpasi yang benar, teratur, dan sesuai takaran dapat membuat tumbuh kembang bayi menjadi lebih terjaga dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *