Kenali Penyebab Kulit Kaki Pecah-Pecah

Kulit kering yang kemudian menebal pada kaki khususnya pada bagian tumit dan kemudian pecah dan menyebabkan kulit kaki yang pecah-pecah. Kulit kulit kaki pecah-pecah akan terlihat menggangu penampilan kita, namun yang lebih parah lagi akan muncul rasa nyeri ketika tidak dirawat dengan baik.

Apa saja sih yang menyebabkan kulit kaki menjadi pecah-pecah?? Yuk kenali penyebabnya!

cara mengobati kulit kaki kering dan pecah pecah

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan kulit kaki pecah-pecah:

  • Berdiri terlalu lama pada lantai yang keras. Berdiri terlalu lama akan mengakibatkan tekanan pada tumit akan lebih besar. Tumit yang teruss menerus tertekan berat badan akan mengakibatkan bantalan lemak akan meluas ke samping dan akan berpotensi untuk menjadi retakan
  • Penyakit Medis. Penyakit kulit seperti predisposisi kulit kering, neuropati otonom, misalnya untuk para penderita diabetes menyebabkan kurang keringat, kelenjar tiroid pada tubuh menurunkan tingkat metabolisme yang akan mengarah pada kekerinagn kulit.
  • Produksi sebum pada tubuh akan mulai menurun seiring dengan bertambahnya usia juga menyebabkan kulit menjadi lebih kering
  • Kaki terlalu sering terkena lingkungan yang cenderung basah. Kulit kaki yang basah terkena air terus menerus akan mengakibatkan kulit yang kering hingga pecah dan timbul rasa nyeri.

Cara mengatasi Kulit Kaki Pecah-Pecah:

  • Ketika melihat kulit yang tebal dan pecah-pecah kita cenderung risih dan ingin mengelupasnya. Hal ini tidak boleh dilakukan karena dapat menyebabkan infeksi yang lebih parah.
  • Cucilah kaki dengan bersih setelah melakukan kegiatan di luar. Pertama rendamlah kaki Anda pada air hangat selama kurang lebih 10 menit, kemudian gosok dengan batu paung secar perlahan. Perlakuan ini akan menyingkirkan sel kulit mati dan menjaga kulit tetap sehat dan halus. Lalu cuci kaki dengan sabun yang lembut dan keringkan agar kulit kaki tidak terlalu lembap. Untuk hasil lebih baik, sebelum tidur ¬†oleskan Vaselin Petroleum Jelly yang akan menutrisi kulit dan menjaga kulit tetap lembut. Namun jangan lupa untuk memakai kaos kaki untuk mengunci nutrisi dari krim.
  • Jangan menggunakan sepatu yang terlalu kecil, sempit atau keras karena akan menyebabkan retak pada kulit kaki menyebar. Jika Anda memiliki berat badan berlebih, coba hindari berhak tinggi karena akan menyebabkan tekanan pada tumit semakin besar. Cobalah unutk menggunakan sepatu dengan bantalan empuk untuk melindungi tumit dari tekanan.
  • Jaga kebersihan lingkungan Anda. Selalu membersihkan tempat Anda sering bersantai atau beraktivitas di rumah. Untuk lebih berhati-hati Anda dapat menggunakan sandal agar kulit yang pecah tidak langsung terkena partikel debu pada lantai rumah.
  • Referensi Artikel¬†http://www.vaseline.co.id/skin-health-care/wajib-tahu-5-cara-mengatasi-dan-mengobati-kaki-pecah-pecah.html

Jika setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas dan memberikan hasil yang memuaskan, maka tugas Anda selanjutnya adalah menjaga kulit kaki Anda agar tidak sampai kejadian kulit pecah-pecah terulang kembali.