Ingin Pemerintah Mempercepat Restitusi Pajak, Simak Syarat Berlaku

Ingin Pemerintah Mempercepat Restitusi Pajak, Simak Syarat Berlaku

Gotax – Saat ini pemerintah Indonesia terus berkomitmen untuk mendorong tingkat kemudahan melakukan usaha “Ease of Doing Business” di dalam negeri. Salah satu cara yang dilakukan adalah melakukan percepatan restitusi pajak maupun pengembalian kelebihan pembayaran pajak.

Cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kebijakan percepatan restitusi adalah memperluas kriteria dari wajib pajak yang memiliki hak untuk memperoleh pengembalian.

Dirjen Pajak Kementerian Keuangan mengatakan jika pembayaran yang akan memperoleh restitusi dinaikkan skalanya hingga mencapai angka 900%. Sehingga percepatan pemberian restitusi ini selanjutnya bisa dilakukan tanpa perlu melakukan pemeriksaan melainkan dengan melakukan penelitian sederhana.

“Kebijakan yang dilakukan pemerintah ini diharapkan bisa menurunkan coast compliance dikarenakan pemberian restitusi tanpa pemeriksaan dan sangat diharapkan kebijakan tersebut dapat meningkatkan nilai cash flow serta likuiditas perekonomian dalam negeri” ujar Robert Pakpahan.

Di dalam kebijakan ini, pemerintah akan mengatur nilai restitusi minimal pajak penghasilan wwajib pajak orang pribadi yang bukan karyawan mencapai Rp. 100 juta di dalam aturan lamanya hanya Rp. 10 juta. Lantas selanjutnya untuk pajak penghasilan WP badan mencapai Rp. 1 miliar jika sebelumnya Rp. 100 juta.

Syarat Untuk Mendapatkan Restitusi

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk memperoleh restitusi dipercepat terutama bagi WP yang memiliki kriteria tertentu dianjurkan untuk memenuhi kewajiban mereka seperti, selalu tepat waktu dalam memenuhi panggilan penyampaian SPT, tidak memiliki tunggakan apa pun yang ada kaitannya dengan pajak, laporan keuangan harus sudah diaudit dan memperoleh opini yang wajar tidak terkecuali selama 3 tahun berurutan serta tidak dipidana di sektor perpajakan dalam kurun waktu 5 tahun belakangan.

Sementara itu, waktu pengembalian pajak untuk wp dengan kriteria tertentu untuk pajak penghasilan ditargetkan dilakukan 3 bulan dan untuk pajak pertambahan nilai selama 1 bulan. Bagi WP yang memenuhi syarat tertentu untuk pajak penghasilan orang pribadi tergetnya akan diselesaikan selama 15 hari, sedangkan untuk pajak penghasilan badan targetnya selesai selama 1 bulan sedangkan untuk pajak pertambahan nilai selesaikan selama 1 bulan lamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *